Your Times

Jumat, 14 Oktober 2011

Apa itu jaringan komputer ?

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling berhubungan walapun masing-masing komputer itu terpisah. Misalnya dua atau beberapa buah komputer, mereka akan terhubung dengan menghubungkan komputer 1 dengan lainnya. Komputer-komputer tersebut saling terkoneksi bila ada pertukaran informasi. Tujuan utama dari jaringan komputer yaitu adanya resource sharing atau berbagi sumber. Dalam melaksanakan tugasnya, jaringan komputer dapat mengakses informasi luas baik akses dari orang ke orang ataupun lebih luasnya lagi. Selain itu medium komunikasi dan hiburan interaktif dapat didapatkan dengan adanya jaringan komputer.

Jaringan komputer tidak hanya dapat diakses dari orang ke orang saja dalam satu tempat, tetapi jaringan komputer bisa diakses mencakup area dan jaraknya. Jaringan komputer berdasarkan jarak dan kerjanya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
  1. LAN (Local Area Network) merupakan jenis jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung perkantoran, sekolah, atau kantor. Yang mengakses jaringan ini hanya lingkungan yang terhubung dalam kantor atau gedung saja.
  2. MAN (Metropilitan Area Network) merupakan jaringan LAN yang lebih luas atau jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan., dan sebagainya.
  3. WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan yang mencakup daerah geografis yang lebih luas , antar benua, dan dunia. Jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
Dalam menghubungkan jaringan computer supaya tidak terjadi kesalahan kita gunakan simulasi jaringannya. Biasanya yang dipakai untuk mengsimulasi jaringan itu digunakan software yang namanya Packet Tracer. Packet Tracer ini software yang sangat bermanfaat jika kita ingin membuat jaringan yang kompleks tetapi memiliki komponen fisik yang terbatas.

Packet Tracer ini dikeluarkan oleh Cisco. Versi Packet Tracer yang baru dirilis sekarang ini yaitu versi 5.3.2. Untuk mendownloadnya, silahkan buka link http://www.mediafire.com/?zziz2tziywj#2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar