Your Times

Jumat, 14 Oktober 2011

Ubuntu 11.10 Telah Dirilis dengan Nama ‘Oneiric Ocelot’

Penggemar sistem operasi linux tentunya sudah kenal dengan Ubuntu. Sistem operasi open source yang termasuk ke dalam keluarga Linux Debian ini termasuk ke dalam 3 besar dalam jumlah pengguna linux, bersama dengan Fedora dan Mint. Ubuntu memiliki sistem rilis yang unik untuk setiap versi barunya, yaitu setiap bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Versi 11.10 yang dirilis kali ini berarti merupakan versi tahun 2011 bulan 10 (Oktober).
Versi terbaru dari Ubuntu ini dirilis pada 13 Oktober 2011. Beberapa fitur baru yang terdapat pada versi ini seperti :
·         Launcher baru yang berada pada bagian samping layar, denga ikon shortcut besar tanpa teks seperti pada taskbar windows 7. Jika aplikasi yang diwakili oleh ikon tersebut sedang berjalan, terdapat indikator berupa bulatan putih kecil pada ikon tersebut. Fitur ini mirip dengan yang ada pada sistem dock Mac OS X. Ikon pada launcher dapat ditambah atau dikurangi dengan cara melakukan drag & drop pada ikon tersebut.
·         Tampilan baru untuk Dash (berfungsi seperti start menu pada windows). Untuk menampilkannya cukup dengan cara klik pada ikon Ubuntu yang terdapat di launcher. Terdapat fitur search yang langsung menampilkan hasil pencarian ketika diketikkan kata kunci pencarian ke dalamnya, juga sangat mirip dengan yang ada pada Windows 7.

·         Tampilan baru pada cara cepat untuk berpindah antar jendela aplikasi yang aktif. Caranya dengan memencet tombol Alt+Tab untuk berpindah antar jendela aplikasi yang berbeda, Alt+` untuk berpindah antar jendela dalam aplikasi yang sama. Fitur ini juga tidak asing lagi bagi pengguna sistem operasi Macintosh.
Rilis baru dari Ubuntu ini tentunya tidak sebatas dalam hal tampilan saja. Namun harus diakui bahwa tampilan Ubuntu 11.10 sangat menarik namun tetap simple and clean. Tentunya tidak ada yang mampu menolak menggunakan sistem operasi yang cantik ini apalagi tidak diperlukan biaya untuk mendapatkannya. Cukup dengan mengunduh isonya secara gratis pada situs resmi ubuntu di alamat http://www.ubuntu.com/download/ubuntu/download , atau bisa juga dari situs lokal seperti repositori sistem operasi open source milik Universitas Indonesia : Kambing, pada alamat http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu/releases/oneiric/ . Selamat mencoba J

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar