Your Times

Kamis, 20 Oktober 2011

NVIDIA Meluncurkan Kaca Mata 3D Generasi Kedua

Kaca mata 3 dimensi merupakan alat bantu yang dibutuhkan untuk menonton film atau bermain game dengan format stereoscopic. Dengan menggunakan cara ini, konten yang ditayangkan terlihat seperti memiliki kedalaman ruang. Hal ini memberi efek kepada konten yang ditayangkan menjadi terlihat seperti 3 dimensi.
Kaca mata seperti ini sudah cukup lama digunakan di bioskop XXI yang tersebar di beberapa kota di Indonesia untuk menayangkan film 3 dimensi. Respon dari masyarakat juga positif mengingat harga tiket untuk film 3 dimensi tidak samapi dua kali lipat versi biasa. Harga yang dibayarkan sesuai dengan kesenangan yang didapatkan saat menonton film 3 dimensi.
Saat ini untuk dapat menikmati tayangan 3 dimensi, kita tidak harus datang ke bioskop. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk dapat menikmati konten 3D di rumah. Namun kali ini saya hanya menjelaskan tentang 3D Vision yang diluncurkan oleh Nvidia.

Nvidia merupakan perusahaan yang dikenal sebagai produsen kartu grafis untuk. Tidak heran jika perusahaan ini juga ikut serta dalam meramaikan produk untuk konten 3 Dimensi. Bahkan handphone yang mampu menampilkan dan merekam video 3D pertama di dunia, LG Optimus 3D, menggunakan chip buatan Nvidia yaitu Tegra 2.

Kembali ke produk kaca mata 3D buatan Nvidia yang diberi nama Nvidia 3D Vision Kit. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, produk ini dapat digunakan untuk menonton konten 3D dari monitor CRT, LCD, dan proyektor yang didesain untuk tampilan 3D. Gambar di bawah menjelaskan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menonton konten 3D menggunakan Nvidia 3D Vision :




Nvidia 3D Vision 2 Kit yang baru saja diluncurkan merupakan suksesor dari produk tesebut. Terdiri dari sepasang kacamata 3D dan pemancar inframerah berupa perangkat USB. Produk ini ditawarkan dengan harga USD 149.


Kaca mata 3D Vision 2 ini memiliki lensa yang lebih besar 20% dari generasi. Hal ini menyebabkan ruang pandang menjadi lebih luas. Kaca mata ini menggunakan bahan yang lebih lentur sehinga tetap terasa nyaman saat digunakan bersama dengan headphone. Terdapat fitur baru NVIDIA 3D LightBoost Technology yang menjanjikan tampilan 3D 2x lebih terang dan reproduksi warna lebih baik. Tampilan 3D biasanya memiliki masalah pada tingkat kecerahan yang hanya setengah dari tampilan 2D. Hal ini yang berusaha diperbaiki oleh 3D Vision 2.

Sumber :
http://www.nvidia.com/object/3d-vision-glasses.html
http://www.techpowerup.com/153652/NVIDIA-Introduces-3D-Vision-2-Products.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Nvidia_3D_Vision

Tidak ada komentar:

Posting Komentar