Your Times

Senin, 28 November 2011

Berkenalan Dengan Ice Cream Sandwich


Semua orang pasti sudah kenal dengan Android. Sistem Operasi besutan dari Google ini mengalami perkembangan yang sangat pesat beberapa tahun ini sejak pertama kali diluncurkan pada 2008. Dengan umur yang masih tergolong muda, Android sudah mampu mengalahkan sistem operasi lain yang sudah lebih matang seperti iOS, Blackberry OS, dan Symbian.
Saat ini sistem operasi Android masih dibedakan ke dalam dua versi, untuk telepon pintar menggunakan Android 2.3 (Gingerbread) dan tablet menggunakan Android 3.1 (Honeycom). Pengelompokan ini dilakukan karena perbedaan ukuran layar yang mencolok antara ponsel pintar dengan tablet. Ponsel Android kelas atas saat ini umumnya menggunakan ukuran layar 4,3” sedangkan tablet android umumnya menggunakan ukuran layar 10”.

Perbandingan ukuran tablet dengan ponsel andoid

Karena ada perbedaan ini, ketersedian aplikasi untuk masing-masing versi android menjadi lebih terbatas. Untuk mengatasinya, Google merancang versi sistem operasi terbaru agar tablet dan ponselnya dapat menggunakan perangkat lunak yang sama. Android 4 (Ice Cream Sandwich) merupakan jawaban Google terhadap masalah ini. Dengan Ice Cream Sandwich, tidak perlu dilakukan pembedaan aplikasi untuk tablet dengan untuk ponsel Android.

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh Ice Cream Sandwich :
·         Dioptimalkan untuk penggunaan tablet maupun ponsel
·         Antar muka baru dengan font baru ‘Roboto’, animasi, efek transisi, gerakan multi sentuhan, dan wallpaper bergerak yang baru
·         Tombol virtual pada tampilan antarmuka untuk menggantikan tombol fisik
·         Pengunci layar yang dapat dibuka mengguanakan sistem pengenalan wajah
·         Menu notifikasi yang lebih baik
·         Widget yang dapat diatur ukurannya
·         Fungsi pengambilan screenshot terintegrasi
·         Sistem pemasukan teks dan suara yang lebih baik
·         Kemampuan untuk mengontrol dan mengawasi transfer data
·         Android Beam untuk transfer data menggunakan Near Field Communication (NFC)
·         Dan banyak lagi fitur canggih lainnya

Ice Cream Sandwich bukan hanya sekedar penggabungan antara versi tablet dengan ponsel Android. Terdapat banyak sekali fitur baru yang menarik sembari menggabungkan fitur-fitur terbaik yang terdapat pada Gingerbread dan Honeycomb. Perangkat pertama yang resmi menggunakan Ice Cream Sandwich saat diluncurkan adalah ponsel Google Nexus S. Namun tidak tertutup kemungkinan perangkat Android yang sudah beredar di pasaran saat ini akan mendapatkan juga update sitem operasi ke Ice Cream Sandwich. Untuk para pengguna gadget Android mari sama-sama berharap gadget Android yang kita miliki juga mendapatkan update tersebut.

Tampilan Android 4 (Ice Cream Sandwich)

Sumber :: www.gsmarena.com

1 komentar: